Kebutuhan nutrisi pada anak

Diposting oleh News Info on Sabtu, 04 Juni 2011

Kebutuhan nutrisi pada anak - Zat gizi dibagi dalam 6 kelas utama, yaitu : Air (disebut zat an organic), Protein, Lemak, Karbohidrat, Vitamin, (disebut sebagai zat organic, karena zat yang menyusunnya mengandung karbon) dan  Mineral. (Yuniastuti, Ari. 2008)

Kebutuhan nutrisi Air

Air merupakan nutrient yang berfungsi menjadi medium untuk nutrient yang lainnya

Kebutuhan nutrisi Protein

Protein merupakan bahan pembangun tubuh yang utama. Protein adalah zat yang tersusun dari berbagai asam amino. Berdasarkan sumbernya protein dibagi menjadi dua macam, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani berasal dari daging, telur, susu, keju dan ikan sedangkan protein nabati berasal dari biji – bijian, kacang –kacangan, gandum dan sayuran.

Kebutuhan nutrisi Lemak

Merupakan sumber energi utama bagi tubuh dan sebagai bahan makanan cadangan. Berdasarkan sumbernya dapat dibedakan menjadi dua yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Lemak hewani terdapat pada daging ikan, minyak ikan, susu, keju dan telur sedangkan lemak nabati terdapat pada kacang tanah, kacang merah, kelapa sawit, kemiri, alpukat dan wijen.

Kebutuhan nutrisi Karbohidrat

Karbohidrat dibedakan menjadi dua, yaitu :
Karbohidrat sederhana seperti gula pasir dan gula merah
Karbohidrat kompleks seperti tepung, beras, gandum dan jagung.

Kebutuhan nutrisi Vitamin

  1. Vitamin A dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang, mata, rambut, dan kulit, juga untuk mencegah kelainan bawaan. Vitamin A dibedakan menjadi 2 yaitu vitamin yang berasal dari hewani dan nabati. Vitamin hewani terdapat dalam susu, hati, kuning telur, keju sedangkan yang berasal dari nabati yaitu sayur – sayuran segar serta minyak ikan.
  2. Vitamin B dibutuhkan untuk menjaga susunan saraf agar dapat berfungsi normal, yang diperoleh dari roti, nasi, susu, temped an daging.
  3. Vitamin C dibutuhkan untuk pembentukan jaringan dan penyebaran zat besi. Vitamin C banyak terdapat di dalam buah – buahan yang brwarna seperti jeruk, tomat, papaya, dan sayuran hijau yang masih segar.
  4. Vitamin D berperan dalam pembentukan tulang, mengatur tingkat kalsium dan fosfor di dalam darah, meningkatkan penyerapan di dalam usus, dan mengatur pertukaran zat dalam darah dan tulang. Vitamin D banyak terdapat dalam hati ikan, kuning telur, mentega, daging, minyak ikan dan kacang – kacangan.
  5. Vitamin E berperan untuk mencegah perdarahan dan mengatur poliferasi sel. Vitamin E banyak terdapat di dalam apel, seledri, daun selada, bayam, kecambah, kuning telur, susu, dan daging.
  6. Vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah, mempengaruhi pembuatan protombin di dalam hati. Vitamin K terdapat pada sayuran yang berwarna hijau, biji – bijian dan hati. Vitamin K juga dihasilkan oleh bakteri Escherichia Coli yang ada di dalam usus besar.

Kebutuhan nutrisi Mineral

Digunakan untuk memperbaiki keadaan kesehatan tubuh manusia, jika diberikan dalam jumlah yang layak yang terkandung di dalam zat besi, kalsium, seng dan yodium.
Seseorang anak yang sehat dan normal akan tumbuh sesuai dengan potensi genetik yang dimilikinya. Tetapi pertumbuhan juga akan dipengaruhi oleh intake zat gizi yang dikonsumsi dalam bentuk makanan. Kekurangan atau kelebihan gizi akan dimanifestasikan dalam bentuk pertumbuhan yang menyimpang pola standar. (Suhardjo. 2001)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar