Pengertian Anak Sehat

Diposkan oleh News Info on Sabtu, 04 Juni 2011

Pengertian Anak Sehat - Sehat dapat diartikan sebagai suatu keadaan baik segenap badan serta bagian – bagiannya atau suatu hal ini yang mendatangkan kebaikan. Kesehatan sendiri dapat diartikan sebagai keadaan sehat (terbebas dari penyakit) dan kebaikan keadaan (badan atau yang lainnya). Dengan kata lain, kesehatan dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang sehat terbebas dari penyakit sehingga dapat melakukan segala aktivisnya tanpa hambatan fisik. Seseorang dikatakan sehat jika ia memiliki kesehatan baik secara fisik (organ tubuh) maupun psikis (mental, emosional, sosial, dan spiritual). (Soegeng, Santoso. 2008)

Anak yang sehat adalah anak yang sehat secara fisik dan psikis. Kesehatan seorang anak dimulai dari pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat dapat diterapkan dari yang terkecil mulai dari menjaga kebersihan diri, lingkungan hingga pola makan yang sehat dan teratur. (Soegeng, Santoso. 2008)

Menurut Departemen Kesehatan RI (1993) ciri anak sehat adalah tumbuh dengan baik, tingkat perkembangannya sesuai dengan tingkat umurnya, tampak aktif / gesit dan gembira, mata bersih dan bersinar, nafsu makan baik, bibir dan lidah tampak segar, pernapasan tidak berbau, kulit dan rambut tampak bersih dan tidak kering, serta mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan. (Soegeng, Santoso. 2008)
Seorang anak usia TK sedang mengalami masa tumbuh kembang yang amat cepat dan pesat. Pada masa ini, proses perubahan fisik, emosi, dan sosial anak berlangsung dengan cepat. Proses ini dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari diri anak itu sendiri, gizi, pelayanan kesehatan maupun lingkungannya baik fisik maupun sosial. Tumbuh kembang anak usia TK ini dapat dipantau melalui pengukuran fisiknya dan melalui pengamatan sikap atau perilaku anak. (Soegeng, Santoso. 2008)

Taman kanak – kanak merupakan awal dari pengenalan anak dengan suatu lingkungan sosial yang ada di masyarakat umum, di luar keluarga. Taman kanak – kanak (TK) merupakan institusi yang disamping memberikan kesempatan bermain sambil belajar kepada anak, mendidik anak untuk mandiri, bersosialisasi, dan memperoleh berbagai keterampilan anak. Salah satu aspek yang dibina pada anak Taman Kanak – Kanak adalah penjagaan kesehatan melalui makan makanan yang sehat. Di Taman Kanak – Kanak, anak juga diajarkan tata cara makan yang benar di samping perilaku memilih makanan yang berguna bagi dirinya. (Soegeng, Santoso. 2008)

Anak Taman Kanak – Kanak (TK) mempunyai ciri khas, yaitu sedang dalam proses tumbuh kembang. Anak TK banyak melakukan kegiatan jasmani dan mulai aktif berinteraksi dengan lingkungan sosial maupun alam sekitarnya. Mereka ini merupakan kelompok anak pra-sekolah berumur 3 – 6 tahun yang peka terhadap pendidikan dan penanaman kebiasaan hidup yang sehat. (Soegeng, Santoso. 2008),

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar